Metode Latihan juggling dan variasi skil olah bola (Target 150 juggling)


Disusun oleh : Badawi Husein
Npm : A1H009018
Kelas : A

hasil latihan bisa dilihat di vidio berikut, KLIK DISINI

PRODI PENJASKES
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU

A.Pendahuluan

 Latar belakang

Jika berbicara mengenai sepak bola tentulah kita sebagai mahasiswa olahraga tahu betul,bagaimana seorang pemain bola haruss benar-benar menguasaai skill olah bola,dengan demikian terjawablah pertanyaan ini’’Mengapa belajar Juggling ?
Semua pemain hebat, Ronaldinho, George Best, Zinedine Zidane, Lionel Messi, dan sang legendaris sepak bola Pele, juga belajar juggling bola. Bahkan Pele menggunakan jeruk sebelum ia mampu membeli bola ! “Tidak, saya benar-benar tidak bisa mengingat bagaimana berlatih di waktu luang saya. Lebih mudah untuk mengingat kapan saya tidak berlatih, dan kebanyakan dari tidak berlatihnya saya, adalah ketika saya sedang menonton orang berlatih”, demikian kata Pele.
Dengan demikian jelaslah bahwa yang menjadi latar belakang penulisan tugas yang diberikan oleh dosen unib,mata kuliah BELAJAR DAN PERKEMBANGAN MOTORIK bapak, Drs.Tono sugihartono ,dengan judul ”metode latihan juggling dan skil olah bola”ini adalah menitik beratkan pada pendalaman dan pengembangan skil pemain bola khususnya pada kematangan control bola,yang sangat berguna bagi kemajuan dunia persepak bolaan Indonesia.

 Rumusan masalah

Bagian rumusan masalah merupakan bagian yang akan dibahas dalam karya ilmiah, khususnya pada bagian pembahasan. Bagian ini tidak terbatas pada permasalahan/ persoalan yang memerlukan pemecahan, tetapi juga mencakup persoalan yang memerlukan penjelasan lebih lanjut, persoalan yang memerlukan deskripsi lebih lanjut, atau persoalan yang memerlukan penegasan lebih lanjut.
Adapun Rumusan masalah mengenai persoalan yang akan dikemukakan penulis berkaitan dengan minimnya pengetahuan mengenai pentingnya olah bola atau latihan kontrol bola yang kurang diperhatikan banyak pelatih ataupun asosiasi yang berkecimpung didunian persepakboalan.kebanyakan pelatih-pelatih dan suatu club-club yang menangani bibit muda sepak bola indonesia tidak mementingkan kontrol bola yang mendalam untuk setiap pemainnya,yang lebih ditekankan adalah fisik,speed,daya tahan,dan taktik permainan,

Hal inilah yang menjadi permasalahan,belum adanya metode-metode yang tepat untuk menangani permasalahan kontrol bola dan skil olah bola dindonesia ini kalaupun ada mungkin terlalu minim dan tidak memadai,oleh karena itu semoga kiranya tulisan ini dapat bermanfaat

 Tujuan penulisan

Penulisan tugas laporan metode latihan juggling ini tidaklah dibuat dengan tanpa tujuan dan maksud tertentu,dalam pengembangannya nanti bukan tidak mungkin hasil tulisan daripada laporan tugas ini akan dibaca oleh khalayak yang tersangkut dalam bidang sepakbola,yang tentunya akan sangat berpengaruh dan berprentensi untuk kemajuan sepak bola itu.

mengapa demikian?karena didalam penulisan tugas ini mencakup metode-metode dan aspek latihan yang telah penulis alami sendiri dan dapat penulis buktikan hasilnya terlihat pada ditampilkannya metode yang telah penulis sampaikan dengan juggling bola sebanyak 150 kali tanpa bola terjatuh sekalipun.

Secara jelas dapat pembaca simpulkan bahwa tujuan utama dari penulisan tugas laporan ini adalah untuk memberikan sumbangsi pengembangan skil olah bola, bibit muda persepakbola’an dipropinsin Bengkulu pada khususnya bahkan tanah air Indonesia pad umumnya.dengan control dan olah bola yang baik akan mudahlah bagi seorang pemain dan sebuah tim memnjalani latihan dan pertandingan-pertandingan suatu event sepakbola.

 

 

 MANFAAT BELAJAR JUGGLING

Setelah memahami latar belakang,mengetahui rumusan masalah dan tujuan penulisan metode latihan juggling lantas timbul lagi pertanyaan:
Jadi apa manfaat belajar Juggling ?
Manfaat utama dari juggling adalah merasakan sentuhan bola dan meningkatkan sentuhan pertama Anda. Sentuhan pertama adalah penting dalam memastikan bahwa bola tetap berada dalam jangkauan Anda dan dimana Anda menginginkannya.

Mengapa belajar cara Juggling ?
Jika Anda dapat meningkatkan kemampuan juggling, Anda pasti akan mampu :
1. Meningkatkan sentuhan pertama pada bola.
2. Meningkatkan kontrol bola Anda.
3. Memberikan keyakinan yang lebih besar ketika menggiring bola.
4. Meningkatkan konsentrasi.
5. Membuat Anda lebih nyaman dan kompeten ketika menerima bola.
6.Menimbulkan keindahan pad penonton yang menonton olah bola anda.
7.Membuat seorang pemain lebih akurat ketika melakukan pasing ataupun shooting

B.PEMBAHASAN

 TEORI LATIHAN
Latihan juggling pada seorang pemula adalah suatu hal yang susah,bagaimana tidak dalam hal ini seseorang dituntut untuk menjaga keseimbangan dan mengenai suatu objek yang yang berbentuk bundar tentulah sangat sukar bagi mereka yang belum terbiasa.
Hal diatas sama halnya dengan peribahasa yang sering kita dengar “bagaikan telur diujung tanduk” ya telur diujung tanduk,yang setiap saat bisa jatuh dan rentan keseimbangannya.seperti itulah juggling bola bedanya bola terletak diujung kaki,yang bial sesoran tidak memiliki control dan keseimbangan yang terlatih dan bagus boal akan jatuh setiap saat.
Maka dari itu metode latihan ini dimulai dengan mengontrol ojek bola yang kempis terlebih dahulu,dengan tujuan untuk latihan metode part to part yang artinya bertahap setiap bagiannya.untuk selanjutnya dapat kita perhatikan pada sub bahasan metode latihan berikutnya.

 TEHNIK LATIHAN
Bagian Satu
1. Gunakan bola sedikit kempis seperti pada gambar:

Gambar ke.1 bola yg sdkit kempis
2. Mulai juggling pada permukaan yang keras yang memiliki daya pantul bagus.
3. Pegang bola dengan kedua tangan, lengan diperpanjang pada ketinggian dada
4. Jatuhkan bola dan biarkan memantul sekali.
5. Sebelum memantul lagi, tendang bola kembali setinggi dada dan tangkap.

Anda telah melakukan Juggling pertama, sekarang lakukan dengan lebih lebih baik.
Urutan yang baru saja Anda lakukan ini disebut : jatuh-pantul-tendang-tangkap
Terus berlatih langkah satu dengan menggunakan kedua kaki sampai Anda secara konsisten bisa menendang bola kembali setinggi dada.

Bagian Kedua
Anda akan melakukan latihan serupa dengan langkah satu, tapi kali ini adalah dengan urutan :
Jatuh-pantul–tendang-pantul-tendang-tangkap
Ya benar, semua yang kita lakukan adalah meningkatkan jumlah tendangan ke-2 dengan kaki yang sama.
Terus berlatih Langkah 2 sampai Anda bisa melakukannya secara konsisten.

Gambar bagian ke.2 (Jatuh-pantul–tendang-pantul-tendang-tangkap)

Bagian ketiga
Kita sekarang pada tahap di mana kita harus mampu mengulangi urutan tendang-pantul-tendang sebanyak mungkin yang kita bisa. Kita melanjutkan seperti yang kita lakukan pada Langkah Satu and Langkah Dua, tapi kali ini :1. Cobalah untuk menendang bola dengan tinggi yang sama dengan ketika dijatuhkan.
2. Tetap berdiri dalam area persegi 5 x 5 yard.

Gambar ke.3(tendang-pantul-tendang)
Bagian keempat
Sekarang untuk sesuatu yang lebih menantang, Kita akan mengulangi Langkah 1, tapi kali ini kita tidak membiarkan bola memantul, sehingga urutannya : jatuh-tendang-tangkap
Terus berlatih Langkah 4 menggunakan kedua kaki sampai Anda secara konsisten bisa menendang bola kembali setinggi dada.

Bagian kelima
Anda perhatikan, Langkah 5 mirip dengan Langkah 4, tapi dengan tendangan ekstra, sehingga urutannya : jatuh-tendang-tendang- tangkap
Terus berlatih Langkah 5 menggunakan kedua kaki sampai Anda secara konsisten bisa menendang bola kembali setiinggi dada.

Bagian keenam
Anda sekarang siap untuk melakukan tendangan tak terbatas, dengan menggunakan satu kaki. Jadi Anda hanya mengulangi urutan tendangan-tendangan. Pada tahap ini Anda hanya menggunakan satu kaki. artinya melihat berapa banyak yang dapat Anda lakukan dengan hanya menggunakan kaki kanan Anda, kemudian lihat berapa banyak yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan kaki kiri Anda.

Gambar ke.6 (mulai menggunakan kaki kiri)

Tampilkan hasil latihan
Selain menggunakan kaki Anda, Anda juga harus mencakup bagian lain dari tubuh, seperti paha dan kepala. Bila menggunakan paha, pastikan Anda menggunakan bagian berdaging dari paha dan TIDAK lutut Anda.Anda mungkin akan menemukan bahwa paha yang sering digunakan, karena paha adalah bagian tubuh lebih mudah untuk juggling. Hindari penggunaan paha, hanya karena lebih mudah. Daripada tanpa tujuan juggling, dengan menggunakan pola adalah cara yang jauh lebih baik untuk memperbaiki, jadi gunakan pola seperti :
1. Kaki kiri
2. Paha kiri
3. Kepala
4. Paha kanan
5. Kaki kanan
Ulangi 1-5, Anda dapat membuat pola sendiri, tapi itu akan membuat stres lagi. Jauh lebih bermanfaat untuk mengikuti pola, bahwa tanpa tujuan mengejar bola di sekitar, hanya mencoba untuk tetap di udara.

Gambar.7 tampilan hasil latihan

 KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
Dari penulisan metode latihan ini dapat kita simpulkan bahwa untuk memiliki kemajuan dalam bidang olahraga sepak bola kita harus memiliki skil dan olah bola yang baik pula,dan untuk memilik kemampuan olah bola yang baik dengan kata lain juggling kita harus berlatih dengan metode dan cara yang bertahap dan sungguh-sungguh serta tidak mudah putus asa.

Saran-saran
a.Berlatihlah dengan niat dan tekad yang kuat
b.Jangan mudah berputus asa,yakinlah bahwa jika berlatih dengan ulet maka kita pasti bisa
c.Tidak perlu memporsir latihan ,yang penting rutin meskipun hanya 1jam/hari.
d.Perkuatlah otot tumpuan supaya tercipta keseimbangan ketika juggling
e.Berlatihlah dengan pola yang jelas,hasilnya akan lebih terarah.
f.fokuslah ketika berlatih untuk memaksimalkan hasil latihan.
g.gunakan sepatu dengan permukaan yang rata,sehingga bola tidak mudah lepas dikontrol
h.gunakanlah celana yang memudahkan kita dalam bergerak(celana karet pendek)

 

Metode Latihan juggling Metode Latihan juggling Metode Latihan juggling Metode Latihan juggling Metode Latihan juggling Metode Latihan juggling Metode Latihan juggling (Target 150 juggling) (Target 150 juggling) (Target 150 juggling) (Target 150 juggling) (Target 150 juggling) (Target 150 juggling) variasi skil olah bola variasi skil olah bola variasi skil olah bola variasi skil olah bola variasi skil olah bola variasi skil olah bola variasi skil olah bola variasi skil olah bola variasi skil olah bola variasi skil olah bola Latihan juggling dan variasi skil olah bola Latihan juggling dan variasi skil olah bola Latihan juggling dan variasi skil olah bola Latihan juggling dan variasi skil olah bola Latihan juggling dan variasi skil olah bola Latihan juggling dan variasi skil olah bola Latihan juggling dan variasi skil olah bola Latihan juggling dan variasi skil olah bola Latihan juggling dan variasi skil olah bola

About these ads

12 responses to “Metode Latihan juggling dan variasi skil olah bola (Target 150 juggling)

  1. satu komentar saja..
    *ga hobi olahraga*
    hehe..

  2. makonyo fi sering sakit tuh ,olahraga tuh penting fi..
    ^_^
    olahraga jugo ototnyo,,,jgn otak ajo,,ok sister?

  3. Bang klo cra menyeimbangkan bola di ats kepala gmna.( susah bgt)

  4. Butuh berapa tahun untuk bisa melakukan juggling???? Balas yaa!!

  5. 2 TAHUN…
    tp setiap hari latihan 30 menit aja dah cukup..
    yg penting sungguh2 :)

  6. ahk ini mah ngikutin org lain saran juggling nya juga ccd ahk lo mah

  7. COPY+PASTE SARAN JUGLING DARI ORANG LAIN :p CCD

  8. saya belajar juggling waktu umur 9 tahun,sekarang saat berumur 13 rekor juggling sekitar 2000kali

  9. aku udh bisa jagling yg biasa tpi klo jagling yg pake variasi kyk madun itu aq blom bisa gmn ya caranya

  10. Matur Suwun mas….

  11. saya sudah belajar jugling tapi gak bisa2, susah ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s