bagaimana cara agar blog muncul dihalaman utama google?


Tips atau Cara Sederhana Agar Setiap Postingan Muncul di Halaman Utama Google

logo googleSemua blogger tentunya sangat menginginkan agar setiap halaman blog miliknya selalu muncul di halaman utama google. Syukur kalau bisa di urutan 1 d/d 5, jika tidak.. juga tidak apa-apa yang penting bisa muncul di halaman utama google, itu sudah optimal. Untuk apa gunanya ? Pengguna internet seluruh dunia 60% menggunakan google, mereka akan mengklik terlebih dulu informasi yang ada pada halaman utama google sebelum ke halaman berikutnya.
Para blogger yang pengalamannya sudah lama dan menguasai teknik SEO, sudah tentu mereka sudah ahli dalam hal ini. Saya, masih sedang belajar bagaimana cara mengoptimalkan sebuah blog/website agar setiap halaman posting blog saya dapat muncul di halaman utama google. Pada Pelatihan internet marketing di Asian Brain mengajarkan bagaima cara mengoptimalkan sebuah blog/website agar setiap halaman blog tersebut muncul di Search Engine, terutama di Google (60% pengguna internet di dunia menggunakan Google). Dan sekarang saya sudah tahu cara dan rahasianya.

Melalui artikel ini saya akan beritahu anda caranya, khususnya bagi anda yang masih dalam taraf belajar seperti saya sekarang. Beberapa hal yang harus anda perhatikan agar halaman blog anda (khusus wordpress ya..) cepat terindex Google dan muncul di halaman pertama sebagai berikut :

1. Menulis artikel, memilih dan menempatkan kata kunci (keyword)

Sebelum anda menulis sebuah artikel, tentukan dulu keyword utamanya. Setelah anda menentukan keyword utama, lalu lihat berapa banyak pencarinya perbulan di google adword keywordtools (jangan lupa pilih negara dan bahasa yang digunakan). Dan lihat juga berapa banyak pesaingnya (lihat angka yang muncul).. cari di : www.google.co.id untuk keyword bahasa lokal, dan cari di www.google.com untuk keyword berbahasa asing.

Cara orang menulis artikel berbeda-beda. Ada yang mengambil intisari artikel orang lain, ada juga yang benar-benar hasil karya sendiri. Cara menulisnya pun macam-macam, ada yang menentukan dulu ide certera, ada yang langsung menulis apa yang ada dalam fikiran. Itu tidak masalah, yang terpenting tulisan anda jelas ide ceritanya..

Seperti yang saya singgung di atas bahwa artikel anda harus jelas ide ceriteranya. Ide tersebut adalah merupakan keyword utama dalam artikel anda tersebut. Misal, artikel yang anda tulis dengan ide ceritera “kasih sayang”.  Jika ide ceritanya kasih sayang, maka yang anda ceriterakan jangan keluar dari ide tersebut, misalnya anda menyisipkan berita kasus korban tabung gas elpiji 3 kg.. itu tidak sesuai dengan ide seritera. Sesuai dengan ide ceritera maka kata kasih sayang harus merupakan keyword utama pada artikel anda.  Dalam hal mengoptimalkan sebuah blog agar disukai Google, maka anda harus bisa menyisipkan kata kasih sayang pada setiap paragraph artikel anda. Jika artikel anda terdiri dari 8 paragraph misalnya, maka usahakan pada setiap paragraph ada tersisipkan kata kasih sayang sekalipun tidak utuh, misalnya cinta kasih, cinta pertamaku. Kalau bisa, usahakan utuh,  misalnya dengan menambahkan kata-kata lain, cinta dan kasih sayang, kasih sayangku. Beberapa kata kunci beri tanda cetak tebal, cetak miring, garis bawah, beri warna biru, warna hijau dll.

Contoh (1 alinea) :

Kasih sayang seorang ibu tidak ada batasnya, berbeda dengan kasih sayang seorang anak kepada orang tuanya. Anda tahu, betapa menderitanya seorang ibu ketika mengandung anaknya selama 9 bulan, kemudian merawatnya dari kecil hingga dewasa dengan penuh kasih sayang yang tidak ada batasnya, coba anda perhatikan di sekeliling anda, lihatlah kasih sayang seorang anak kepada orang tuanya ! Tidak mungkin ada yang menyamai kasih sayang seorang ibu. Tidak sedikit, seorang anak yang sudah kaya raya begitu teganya menitipkan orang tuanya di panti jompo… ! Sangat memilukan ! (Contoh!)

2. Post Tags dan Category

post-tags-categoryKalau anda melakukan posting pada dashboard blog wordpress, anda diminta memasukan tags dan category. Apabila keyword utama artikel anda adalah kasih sayang, maka itulah yang harus anda masukan sebagai tags. Sebaiknya memasukan tags minimum 3 dan maksimum 6. Lantas, yang 5 lagi mana ? Nah, disini kadang-kadang orang yang belum mengetahui rahasianya, suka memasukan tags sembarangan. Kasih sayang adalah keyword utama dalam artikel anda tersebut, maka anda harus mencari keyword tambahan. Keyword tambahan harus nyambung dengan keyword utama. Sebenarnya untuk mencari keyword tambahan anda tinggal pergi ke adword keyword tools. Tapi pusinglah ! ini saya kasih contoh saja biar cepat ngerti. Tags yang harus anda input dasboard editing yaitu: kasih sayang, cinta kasih sayang, kasih sayangmu, membina kasih sayang, belaian kasih sayang dll. Tetapi usahakan kata kunci tambahannyapun tersirat juga dalam artikel anda, agar tidak janggal jika orang membacanya. Google sangat menyukai artikel yang kaya dengan kata kunci, bahkan Google tidak peduli enak dibaca atau tidak. Tapi ingat ! kita menulis bukan untuk Google, tapi untuk para pengunjung blog. Jika keyword tambahan mengandung kata keyword utama, maka kekuatannya akan besar dan akan mendongkrak keyword utama.

Untuk mengisi category, anda bebas bisa memasukan keyword utama atau kategori artikel anda  (misal fiksi, berita, pantun dll).

3. Mengisi Title, Deskripsi, dan Keyword pada Form All In One SEO Pack atau Platinum SEO Pack

all-in-one-seo-pack

Pastikan salah satu Plugin tersebut sudah terpasang pada blog anda (bukan untuk wordpress.com). Kolom isian Title anda isi dengan keyword utama dan dan salah satu keyword tambahan dengan format : Kasih Sayang | Cinta Kasih Sayang atau KASIH SAYANG >> Cinta Kasih Sayang. Lalu, Deskripsi isi dengan rangkuman artikel anda misalnya :  Kasih sayang seorang ibu adalah kasih sayang sejati, tanpa ada batasnya. Betapa indahnya.. hidup penuh dengan kasih sayang.. dst. (maksimum 160 kata). Lantas,  isi Kolom Keyword dengan semua keyword yang telah anda masukan sebagai Tags, yaitu : kasih sayang, cinta kasih sayang, kasih sayangmu, membina kasih sayang, belaian kasih sayang. Jika sudah selesai urusann menulis, anda bisa memasukan gambar ukuran 300 px, caranya ambil saja salah satu gambar yang cocok di google dengan cara mengetik “kasih sayang” lalu save as images dengan nama file kasih-sayang. Lalu anda publish. Perhatian ! anda jangan mempublish artikel yang belum tuntas, kenapa ? kalau tulisan anda belum tuntas kemudian terindeks google berabe ! Saya tidak bisa jelaskan di sini, cukup panjang ! Kalau tulisan anda belum selesai anda lakukan Save Draft (mohon diingat !).

4. Promosi Halaman Blog

Langkah berikutnya adalah mempromosikan halaman yang baru anda posting. Promosi halaman blog adalah menyimpan link halaman blog anda di situs orang lain. Link halaman adalah URL halaman Contoh halaman blog saya yang ini : https://badawihusein.wordpress.com/2011/03/26/mengapa-aku-begitu-mengidolakan-raul/ Untuk gampangnya copy paste aja url yang ada di browser anda ketika anda membuka halaman posting anda. Bagaimana cara promosinya ?

Caranya sebagai berikut :

a. Bookmarking

Bookmarking ke situs social bookmarking, bisa dengan cara manual dan bisa juga dengan cara oromatis. Bisa yang gratis dan bisa yang berbayar. Cari di sini alamat bookmarking (anda coba lakukan cara manual). Dan bisa juga dengan cara otomatis coba klik disini.. tapi sebelumnya anda harus registrasi dulu. Mau yang cara semi otomatis coba klik yang ini.. Ini juga anda harus registrasi dulu.

b. Menyimpan URL halaman di Situs Iklan Mini Baris

Menyimpan URL halaman di situs iklan mini baris bisa mendatangkan traffik dari pengunjung situs iklan tersebut. Tapi yang lebih penting adalah kita membuat backlink, walaupun tidak semua situs iklan baris DoFollow. Dengan menyimpan link di iklan baris maka Google akan menemukan URL halaman blog kita, dan akan menilai ohh..URLl http://namadomain.com/kasih-sayang ada dimana-mana bagus juga tuh ! Kata si Google !. Begitulah kira-kira.

Cara memasang di iklan baris bisa manual dan bisa otomatis. Untuk cara manual cari aja di Google ketik “iklan baris” atau “iklan mini” cari yang tanpa daftar (soalnya lama kalau harus pake daftar). Kalau mau yang otomatis dan gratis klik aja di sini dan lakukan registrasi, anda cukup nulis iklan satu kali.. dengan hanya lima kali klik iklan anda sudah terkirim ke 50 situs iklan baris. Anda mau yang lebih canggih lagi hanya sekali klik iklan anda terkirim ke 800 s/d 1500 situs iklan baris.. coba pergi ke situs yang ini tapi yang ini bayar. Itu tinggal terserah anda pilih yang mana.

c. Situs Jejaring Sosial

Simpan URL anda di jejaring sosial, buat dulu akunnya. Misalnya di Facebook, Twiter dll.

d. Forum Blogger

Anda bisa menyimpan link di forum-forum : forum wordpress.com, forum wordpress.org, forum blogger indonesia, forumbloggerbogor, dll.. anda bisa cari di Google.

Eh.. ternyata tidak gampang yakh !?? Memang begitulah… Tapi kalau saya sudah hobby ya enjoy aja tidak ada beban. Semoga membantu anda yang memerlukan. Ok ! Selamat mencoba :-)

55 responses to “bagaimana cara agar blog muncul dihalaman utama google?

  1. matab2 infonya gan thanks gan ngebantu banget

  2. wah informasi yang mantap nih gan, mau coba ahhh. tq ya gan.

  3. iya cobain aja…tuh gua dah ngebuktiin hasilnya..
    tuker link aja mas,,lam knal ya,,thanks dah visit ke blog inu^^

  4. Ping-balik: bagaimana cara agar blog muncul dihalaman utama google? (via Pemimpi Sejati) « referensihukum

  5. artikelnya joss…. enak dibaca, mudah dipahami. Thanks

  6. pengin belajar ngeblog…..thanks buat panduan saya..

  7. dismanto : thanks bro….dah visit kesini…ntar gua visit ke web loe deh^^
    aleX : hehe,,sip bro….

  8. tx bro,info’a.slam kenal

  9. yups,,,sama2,,,
    mksh dh visit keblog gua^^
    ntr visit balik deh,,

  10. gan artikelnya keren sekalii,

  11. huwoooooo,,,manthaaaabbbbb!!!!

  12. gan..! gimana cara agar memulihkan kembali seperti awal blog saya sudah di index google namun setelah saya setting berikutnya jadi hilang semua yang awalnya di index. mohon solusinya gan,..

    http://www.mebelpengrajin.com/
    http://mebelpengrajinjepara.blogspot.com/
    http://mebelsenijepara.blogspot.com/
    http://pusatproduksimebel.blogspot.com/

  13. info yang maknyuzzz…..perlu dijajal pak dhe…tararengkyu..

  14. hmmmmmmmmmm bingung juga

  15. terimakasih info nya. apa kabar? *sok kenal* sangat tidak menarik, Hehe becanda deh :b aq Blm ngerti. aq pengguna baru wordpress juga.

    bisa berkunjung di
    http://www.ceweksukakreasi.wordpress.com
    dan
    http://www.ceweksukakreasi.blogspot.com

    silahkan beri masukan nya :))

    terima kasih :) :b kabooooooorr

  16. yup enak dibaca buat tambah2 ilmu>>

  17. assalamualaikum
    trima kasih infonya
    dan lagunya,. skrang saya jadi tahu judul lagu ini

  18. berkesan banget, maaf, boleh kenalan gak? he he…. pemimpi sejati,,,? hmmm q merpati biru ^_^

  19. meskipun sulit tetap akan saya perjuangkan sampai titik darah penghabisan..ha ahahah lebay,thanks info nya mas

  20. Mantap gan. Numpang ikut belajar. Salam kenal

  21. aduuhh masii blumm ngertii nihh gue..
    rumitt amatt cra nya…

  22. Sangat membantu sekali gan..
    makasih agan..

  23. Bagus Mas sharingnya , Maju terus.
    Nih blog aku http://afidatechnologi.com
    Makasih

  24. Mantap neh, cuma masih rada bingung cara makenya!

  25. informasi yang benar2 mencerahkan, akan saya coba thanks

  26. thank ,
    gan ko videokeman nya gx jalan??

  27. mantan sumantaeb gan..thx2

  28. artikel yang bagus bos ,semoga aku bisa nerapinnya

  29. artikel yang sangat menarik dan sangat membantu

  30. http://www.radyas.multiply.com kami adalah distibutor sepatu import nine west, key west, nine plus

  31. terimasih gan sangat membantu infonya :)

  32. Butuh pemadam murah kunjungi http://www.alatpemadamapilombok.com 6Kg Rp. 500ribuan..

  33. Uraian yang sangat lengkap dan bermanfaat agar artikel yang diposting dapat tampil di halaman utama search engine, Sob.

    Oh ya, salam kenal, salam berbagi, dan bila berkenan silakan kunjung ke blog saya. :)

  34. blh tanya gk?

    knpa blog wp ku gk ada di google pdahal udh di submit ke google webmaster tools.. tolong pencerahannya.. trims

  35. mantap gan atas pencerahannya kunjungi http://hiendrich.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s